8 Tips Rumah Anti Maling

Beberapa Tips untuk Keamanan Rumah Kamu

Berapa banyak kasus kemalingan yang terjadi di rumah akibat tidak adanya keamanan yang ekstra. Banyak barang-barang yang berharga yang diambil seperti emas, uang, alat elektronik bahkan hal yang tidak kita duga-duga seperti pembunuhan dapat terjadi. Oleh karena itu mengatur sistem keamanan rumah anti maling adalah hal utama yang harus dilakukan.

Rumah dengan segala isinya merupakan aset berharga untuk siapapun. Tidak heran jika ada yang sampai memasang teralis pada jendela, gerbang berpagar besi hingga CCTV. Tujuannya tidak lain ialah agar rumah aman dari maling. Jika Anda adalah salah satu yang rumahnya ingin terhindar dari maling, tidak ada alasan untuk tidak ikut tren ini.

Karena itu, penting untuk mengatur sistem keamanan rumah yang baik agar maling tidak dapat menerobos rumah dengan mudah. Apalagi saat ini, ketika modus perampokan semakin canggih sehingga mengharuskan kita untuk kian kreatif dalam membangun sistem rumah anti maling secara maksimal.

Meskipun saat ini sudah banyak perangkat keamanan berteknologi canggih, hal itu tidak menjamin rumah Anda tetap aman. Tetap saja, penggunaan teknologi yang mutakhir harus dibarengi juga dengan sejumlah tindakan pencegahan yang tepat. Karena pencegahan lebih baik daripada mengembalikan yang telah dicuri oleh maling.

Siapa disini yang mau kemalingan? Tidak ada bukan? Salah satunya adalah dengan membuat rumah anti maling. Cara membuatnya bagaimana? Berikut 8 tips rumah anti maling;

 

  1. Pasang Pengaman dengan Maksimal di Pintu Rumah dan Jendela

Pastinya hal pertama dan utama yang harus dilakukan untuk membuat rumah anti maling. Pintu, jendela, dan celah-celah yang terbuka sangat berpotensi mengundang kejahatan. Kamu harus menggunakan kunci tambahan pada pintu dan jendela yang hanya bisa dibuka dari dalam rumah. Ada jenis kunci pengaman seperti slot pintu, gembok, dan rantai.

Harus selalu berikan pengamanan ekstra pada pintu rumah. Jangan pernah memberikan kesempatan maling untuk masuk melalui pintu depan, karena sebagian besar dari mereka akan melakukannya.

Selalu pastikan kalau kusen pintu rumah sudah kuat dan engselnya terlindungi. Jika pintu memiliki slot surat, pastikan kalau seseorang tidak dapat memakainya untuk membuka pintu dari dalam. Selain pintu, jendela juga menjadi titik rawan lain yang sering dibobol oleh maling.

Biar keamanan pintu dan jendelamu ekstra, kamu bisa membeli kunci jendela, memasang sensor jendela atau kaca pecah, serta menambahkan terali ke jendela.

 

  1. Pasang CCTV

CCTV adalah pilihan paling efektif jika kamu  benar-benar ingin melindungi barang-barang berharga yang ada di rumah sekaligus alat untuk merekam sosok maling yang berusaha untuk menjebol rumah Anda. Setidaknya kamu butuh dana kisaran 3 jutaan ke atas untuk dapat memasang seperangkat CCTV lengkap.

Sejujurnya, kamera pengawas seperti CCTV adalah salah satu solusi keamanan rumah yang dapat berfungsi untuk mencegah perampokan. Kemanapun kita pergi sebaiknya gunakan kamera pengawas dengan aplikasi seluler, sehingga kita dapat melihat kondisi rumah secara real time.

Untuk memangkas biaya, beberapa orang kreatif memutar otak untukmemasang sistem pengamanan CCTV buatan sendiri. Cuma dengan bermodal kamera webcam, beberapa meter kabel LAN dan sebuah komputer rumahan dengan software CCTV semisal ISpy. Sistem keamanan anti maling ada banyak yang bisa digunakan. Seperti CCTV, alarm, jebakan, serangan anjing, dan satpam rumah

 

  1. Jangan Biarkan Rumah Selalu Gelap

Maling atau penjahat lainnya sangat suka tempat gelap untuk bersembunyi. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan sistem penerangan di luar rumah. Tempatkan lampu di sekitar halaman depan dan belakang, pintu masuk, serta di dekat garasi atau bangunan luar ruangan lainnya.

Bukannya takut karena gelap, tapi maling akan semakin berani menyelinap kerumah yang tidak ada penerangan karena ini membuat keberadaan dia tidak diketahui karena gelap. Jika kamu ingin menghemat listrik usahakan lampu halaman dan teras rumah tetap dihidupkan. Karena tetangga dan orang-orang sekitar bisa melihat jika terjadi hal yang mencurigakan.

 

  1. Tanam Tanaman Berduri Dekat Jendela

Menanam tanaman berduri dekat jendela membuat maling akan kesusahan untuk memasuki rumah melalui jendela rumah. Rekomendasi tanaman yang cocok adalah bidara, mawar, dan kaktus.

Karena dengan begitu maling enggan untuk memasuki rumah yang diketahui ribet untuk melakukan pembobolan melalui jendela maupun pintu rumah.

 

  1. Amankan Jaringan Wifi

Di era digital saat ini kejahatan bukan hanya menggunakan fisik tapi lebih banyak melalui non fisik seperti penyadapan wi-fi. Orang yang menyadap wi-fi Anda akan mengambil semua informasi di perangkat yang terkoneksi dengan jaringan tersebut. Untuk itu amankan jaringan wi-fi kamu agar rumah anti maling digital.

Jika jaringan Wi-Fi terhubung ke gadget smart home atau sistem keamanan, maka itu dapat membuat maling dapat mengakses langsung ke rumah.

Berikut beberapa tips dan trik ini untuk menjauhkan maling yang ingin meretas jaringan internet rumah, di antaranya:

  • Amankan router nirkabel kamu
  • Aktifkan enkripsi WPA (Wi-Fi Protected Access) atau WPA2
  • Ubah nama Wi-Fi dan sembunyikan jaringan rumah kamu
  • Gunakan firewall
  • Instal perlindungan antivirus dan anti-malware
  • Buat kata sandi yang kuat

Selain itu penting untuk memperhatikan unggahan di sosial media, khususnya sesuatu yang menampilkan hal-hal privat seperti rumah. Jangan terlalu membuka identitas di mana kamu berada, dan dimana alamat kmau tinggal seperti jalan ataupun komplek. Pasalnya, informasi semacam ini tentu dapat dipakai oleh maling atau penjahat untuk menyerang tempat tinggal kita.

 

Baca juga: Cara punya rumah bagi anak muda

 

  1. Bersihkan Halaman Rumah dengan Rutin

Haruslah rutin membersihkan halaman dan sekeliling rumah kmau. Pepohonan dan pagar tumbuhan mungkin dapat memberikan nuansa yang lebih segar di dalam ruangan. Namun, penting untuk memperhatikan tempat-tempat tersebut karena berpotensi dijadikan tempat sembunyi oleh maling yang masuk ke rumah. Selain itu, singkirkan juga benda-benda seperti tangga atau kardus di sekitar halaman.

Jangan biarkan benda-benda tersebut tergeletak begitu saja, karena bisa dimanfaatkan oleh penjahat untuk masuk dan membobol hunian. Rumah yang kotor dapat menjadi indikasi bahwa sedang tidak ada penghuni di dalamnya. Sebaiknya selalu jaga kebersihan rumah kamu khususnya di halaman depan yang terlihat oleh orang lain.

 

  1. Brankas Anti Maling

Brankas anti maling merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan barang berharga seperti emas, berlian, sertifikat, dan lainnya. Simpan brankas ini di tempat rahasia yang tidak diketahui oleh siapapun, baik itu asisten rumah tangga bahkan anak sekalipun. Ingat selalu kode keamanan yang ada di brankas tersebut untuk tetap bisa membukanya saat diperlukan.

Tentunya pilihlah brankas yang tahan api, kedap air dan cukup berat, sehingga maling tidak bisa membawanya pergi begitu saja. Sebelum kamu meninggalkan rumah, alangkah baiknya untuk menyiapkan sistem keamanan rumah anti maling terlebih dahulu.

 

  1. Jalin Hubungan Baik dengan Tetangga

Hal ini bisa terbilang penting, sebagai makhluk sosial tentunya bersosialisasi dengan tetangga dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan yang kuat. Rasa kekeluargaan tersebut memungkinkan kita untuk saling menjaga dan mengayomi. kamu dapat memanfaatkan peran tetangga untuk menjaga rumah saat sedang berlibur. Beri mereka tugas ringan seperti menyalakan lampu di malam hari, melapor jika ada tamu, dan lainnya.

Dari beberapa point diatas tentunya sekarang saatnya kamu untuk menerapkan keamanan ekstra untuk rumah dan lebih mengetahui apa saja yang dibutuhkan agar rumah serta keluarga menjadi aman di dalam rumah.

 

Butuh kontraktor untuk renovasi dan bangun rumah, bisa hubungi Qyusi Persada

Dengan mengutamakan penyesuaian budget dalam proses perencanaan dan pembangunan, Qyusi Persada juga memberikan beberapa bonus yang pastinya berguna untuk pembangunan yang lebih nyaman.

Butuh partner jasa untuk renovasi dan bangun rumah? Qyusi Persada ahlinya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
× Hubungi Admin