Rumah Baru Vs Rumah Bekas, Lebih Baik Mana?

5+ Tips Membeli Rumah Baru VS Rumah Bekas: Lebih Baik Mana?

Tips membeli rumah patut diketahui orang-orang yang sedang mencari hunian untuk pertama kalinya supaya tidak menyesal nantinya. Berikut adalah kumpulan tips membeli rumah yang bisa diterapkan agar mendapatkan tempat tinggal sesuai idaman dan dengan harga aman.

Tips Membeli Rumah Baru

Rumah baru biasanya dijadikan pilihan oleh pasangan baru menikah yang ingin segera memulai rumah tangganya secara mandiri. Jika Anda sedang mencari hunian yang baru dibangun, simak dulu tips berikut agar tidak salah memilih.

  1. Sesuaikan Kondisi Rumah dengan Kebutuhan

Untuk mendapatkan tempat tinggal yang tepat, calon pembeli perlu menyesuaikan kondisi rumah dengan kebutuhan seluruh keluarga. Misalnya, berapa kamar yang dibutuhkan sesuai jumlah anggota keluarga, apa saja ruang yang dibutuhkan tiap-tiap anggota keluarga, dan lain-lain.

Guna mendapatkan jawaban tersebut dengan benar, mendiskusikan kondisi rumah seperti apa yang dibutuhkan bisa jadi cara paling tepat. Dengan mengumpulkan pendapat setiap anggota keluarga, rumah yang akan dimiliki nantinya akan dirasa menyamankan semuanya.

  1. Manfaatkan Keberadaan Agen Properti atau Mencari Sendiri

Jika calon pembeli merupakan orang yang terbilang sibuk, cara terbaik menemukan tempat paling sesuai adalah dengan menghubungi agen properti. Calon pembeli bisa menyerahkan tugas mencari hunian sebagaimana yang diinginkan pada agen tersebut.

Nantinya, pembeli bisa menentukan tempat mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan keluarga dari beberapa penawaran agen. Jika tidak terlalu sibuk dan bisa mencari sendiri, rumah baru bisa dicari sendiri atau ditemani anggota keluarga lainnya.

Dengan membawa salah satu anggota keluarga, Anda bisa meminta pendapatnya jika merasa sedikit ragu.

  1. Perhatikan Titik Lokasi dan Aksesnya

Titik lokasi merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan calon pembeli rumah baru. Selain itu, akses ke lokasi juga penting diperhatikan, terlebih jika mempunyai kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Untuk diketahui, mempertimbangkan lokasi dan aksesnya juga berguna bagi calon pembeli rumah yang berniat membuka usaha di tempat tersebut. Anda bisa mempertimbangkan tentang hal ini dengan menyesuaikan kebutuhan.

Misalnya, jika Anda adalah pegawai yang harus pulang-pergi dengan giat, rumah di pinggiran kota dekat lokasi kerja sebaiknya dipilih. Namun, perlu diketahui bahwa rumah berlokasi di pinggiran kota umumnya dijual dengan harga lebih mahal dari biasanya.

Jika budget terbatas, calon pembeli bisa mencari hunian yang tidak jauh dari area lalu lintas kendaraan umum. Misalnya, dekat stasiun kereta, halte bus, terminal angkutan kota, pangkalan ojek, dan lain sebagainya.

Dengan memilih lokasi-lokasi yang dekat dengan lalu lintas kendaraan umum, waktu Anda tidak akan tersita hanya untuk menunggu kendaraan umum tiba.

  1. Cari Tahu tentang Lingkungan Sekitar

Sebelum Anda memutuskan melakukan transaksi dan akad pembelian rumah baru, pastikan untuk mencari tahu lingkungan sekitar terlebih dulu. Misalnya, seperti apa keadaan area tersebut ketika musim penghujan, bagaimana kondisi airnya, dan masih banyak lagi.

Dengan menerapkan tips membeli rumah itu, Anda bisa terhindar dari wilayah banjir dan atau kekeringan akibat musim kemarau panjang. Jikapun membeli rumah di wilayah yang telah diketahui mempunyai kekurangan, Anda dan keluarga bisa lebih waspada di waktu-waktu tersebut.

  1. Ketahui Fasilitas di Sekitar Rumah

Tips membeli rumah berikutnya, calon pembeli hunian perlu mengetahui apa saja fasilitas yang ada di lingkungan rumah. Contohnya, supermarket ataupun minimarket, mesin ATM, pusat pelayanan kesehatan, dan lain-lain.

Anda juga bisa mencari tahu berapa jarak yang harus ditempuh dari rumah menuju fasilitas tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan jika memerlukan fasilitas tersebut di waktu darurat.

  1. Cari Tahu tentang Keamanan Lokasi

Sebagaimana diketahui, rumah adalah tempat paling tepat untuk mendapatkan kenyamanan. Sementara itu, hunian yang nyaman tidak bisa terlepas dari jaminan keamanan.

Sehingga, saat mencari hunian baru, pastikan untuk mengetahui seberapa aman wilayah tersebut. Calon pembeli bisa mencari tahu hal tersebut dari warga sekitar ataupun pos keamanan di lokasi.

Qyusi Jaya Persada merupakan kontraktor terbaik dijakarta, kami siap membantu anda untuk membangun rumah impian anda dengan budget yang dapat disesuaikan, dan kami siap memberikan garansi samapai dengan 1 tahun

  1. Ketahui Material Bangunan

Setelah mengetahui berbagai faktor luar, tips membeli rumah berikutnya adalah mengetahui bagian rumah, yaitu spesifikasi bahan pembuatannya. Sebagaimana diketahui, material bangunan akan sangat menentukan keawetan rumah nantinya.

Sebagai informasi, ada berbagai material bangunan yang banyak dipakai sebagai bahan utama dalam pembuatan rumah. Oleh karena itu, penting bagi calon pembeli untuk mengetahui bahan utama dalam bangunan.

Untuk diketahui, kualitas batu-bata jauh lebih baik daripada batako, kemudian lantai beton pun lebih baik dibanding semen atau keramik. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda bisa memperkirakan berapa lama bangunan bertahan dan apa perlindungan yang harus diterapkan agar awet.

Selain itu, calon pembeli juga bisa memperkirakan kapan rumah perlu direnovasi untuk menambah kekokohannya.

  1. Sesuaikan Desain dengan Harapan

Mungkin, Anda pernah membayangkan ingin mempunyai hunian dengan desain tertentu. Misalnya, ingin rumah bergaya klasik, modern, Eropa, dan lain sebagainya.

Mengacu pada harapan tersebut, calon pembeli bisa mencarinya sendiri atau menggunakan jasa makelar. Desain rumah yang sesuai harapan akan memberikan kepuasan tersendiri bagi setelah memilikinya.

Namun, tips membeli rumah poin ini sebaiknya jangan terlalu dijadikan acuan. Sebab kembali lagi, ada hal-hal penting yang harus lebih dipertimbangkan, seperti budget, lokasi, akses, dan lain-lain.

  1. Perhatikan Kesehatan Rumah

Hal yang harus dipertimbangkan berikutnya adalah kesehatan rumah. Dengan rumah yang bersih dan mempunyai berbagai bagian penting penunjang kesehatan, kesehatan keluarga juga akan terjaga.

Untuk diketahui, hal-hal kecil yang perlu dipertimbangkan untuk menunjang kesehatan di antaranya persediaan air bersih hingga ventilasi udara. Selain itu, pastikan terdapat lokasi pengolahan limbah dengan sistem drainase di wilayah rumah.

Jangan lupa, perhatikan kesadaran masyarakat sekitar akan kebersihan. Dengan menerapkan tips membeli rumah baru ini, Anda bisa benar-benar mendapatkan hunian yang tepat.

Tips Membeli Rumah Bekas

Selain hunian yang baru dibangun, tidak sedikit orang juga memutuskan untuk membeli rumah bekas sebagai tempat tinggal pilihannya. Selain karena bisa didapatkan dengan harga lebih rendah, rumah bekas biasanya terjamin kekokohannya sebab dibuat dari material zaman dulu.

Meskipun dikatakan begitu, calon pembeli tetap harus mempunyai strategi supaya tidak salah membeli hunian. Nah, berikut adalah beberapa tips membeli rumah bekas yang bisa diaplikasikan jika Anda tengah mencari hunian bekas.

  1. Belilah Rumah Langsung dari Pemiliknya

Jika rumah baru bisa dimiliki dengan dua cara yang sama-sama terbaik, rumah bekas sebaiknya dibeli langsung oleh Anda. Dengan membeli hunian langsung dari tangan pertama, calon pembeli bisa mendapatkan harga lebih murah sebab tidak dikenal biaya komisi.

Selain mendapatkan harga terjangkau, kondisi rumah juga bisa diketahui lebih detail dari pemiliknya. Jika beruntung, calon pembeli bisa bernegosiasi secara dan mendapatkan harga lebih murah dari yang ditetapkan sebelumnya.

  1. Carilah Makelar yang Dapat Dipercaya

Apabila Anda benar-benar kesulitan mendapatkan waktu untuk mencari rumah sendiri, jasa makelar bisa dipertimbangkan. Namun pastikan untuk menyerahkan tugas makelar pada orang yang bisa dipercaya dan jujur.

Sebab, jika nantinya terjadi hal-hal tidak diinginkan, seperti rumah tidak sesuai harapan, tetapi Anda telah membayar, dana tersebut akan hangus. Selain itu, makelar yang tidak bisa dipercaya berkemungkinan besar tidak akan bertanggung jawab.

Untuk mencegah hal itu terjadi, pilihlah makelar yang sudah dikenal oleh Anda atau setidaknya dikenal masyarakat luas. Sehingga, calon pembeli bisa terhindar dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

  1. Tanyakan Umur Bangunan dan Periksa Kondisinya

Tips membeli rumah bekas berikutnya, Anda harus tahu berapa umur bangunan serta kondisinya secara langsung. Dengan begitu, daya tahan rumah bisa diprediksi cukup akurat.

Selain kondisi bangunan, keadaan air hingga listrik juga perlu diketahui. Sebab, dua hal tersebut merupakan kebutuhan paling penting dalam sebuah rumah.

Kondisi bagian bangunan lainnya seperti ventilasi, luas halaman, hingga letaknya juga harus diketahui. Sebab dengan hal-hal tersebut, nyaman/tidaknya rumah untuk keluarga bisa diperkirakan.

  1. Cek Kelengkapan Dokumen

Setelah Anda tahu beberapa hal mengenai bangunan yang akan dibeli, jangan lupa untuk mengecek kelengkapan dokumennya. Mulai dari sertifikat rumah, tanah, dan lain sebagainya.

Selain ada atau tidaknya kelengkapan berkas bangunan, keasliannya juga penting untuk dicek. Hal lain yang wajib diketahui adalah asal sertifikat tersebut, jika nama penjual berbeda dengan pemilik dalam sertifikat.

Sebagai pembeli, tentu Anda tidak ingin mendapatkan masalah karena hal yang di luar kendali. Misalnya, terjadi sengketa antar keluarga akibat penjualan rumah tersebut atau lain sebagainya.

Guna menghindari hal itu, pastikan juga untuk mengetahui keluarga si penjual, setidaknya satu atau dua orang. Dengan begitu, calon pembeli bisa lebih yakin akan rumah tersebut.

  1. Lihat Kondisi Sekitar Tempat Tinggal

Serupa dengan mencari rumah baru, poin berikutnya di tips membeli rumah adalah memperhatikan lingkungan sekitar. Mulai dari kebersihannya, sarana yang tersedia, hingga keamanan.

Selain hal itu, lokasi dan akses kendaraan juga penting diketahui dan dipahami agar sesuai dengan kebutuhan. Kenapa ini semua harus dipertimbangkan?

Sebab, kenyamanan yang didapatkan dari rumah bisa menentukan berapa lama Anda bertahan di lingkungan tersebut.

  1. Lakukan Negosiasi Harga

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, saat membeli rumah bekas, calon pembeli bisa melakukan negosiasi harga. Baik itu pada penjualnya langsung ataupun makelarnya.

Meskipun tidak menjamin harganya turun, tetapi dengan tips membeli rumah ini, setidaknya Anda berusaha untuk mendapatkan harga paling pas. Perihal turun harga atau tidak, itu urusan nanti.

  1. Pertimbangkan Keputusan dalam Beberapa Waktu

Setelah mengetahui banyak informasi mengenai bangunan yang sedang diincar, jangan lupa untuk berdiskusi kembali dengan keluarga. Pastikan untuk meminta pendapat tiap-tiap anggota keluarga tentang bagaimana keputusan terbaiknya.

Selain mempertimbangkan pendapat keluarga, pikirkan dan ungkapkan juga bagaimana pandangan diri sendiri. Pertimbangkan berbagai informasi yang telah didapat mengenai bangunan dengan harga jual dari pemilik rumah sebelumnya.

Anda bisa memutuskan untuk lanjut melakukan transaksi atau sebaliknya setelah pertimbangan selama beberapa hari. Minimal, 3 hari atau 7 hari untuk mendapatkan keputusan yang benar-benar tepat.

Dengan menerapkan tips membeli rumah sebagaimana telah disebutkan, Anda bisa lebih terhindar dari kesalahan membeli hunian. Entah itu karena kurangnya informasi yang dicari, entah jasa yang Anda sewa kurang profesional.

Demikian informasi seputar tips membeli rumah dengan aman untuk mendapatkan hunian idaman. Semoga betah di rumah barunya nanti, ya!

 

 

 

4 Responses to “Rumah Baru Vs Rumah Bekas, Lebih Baik Mana?

  • Wahh infonya menarik, dan lagi butuh insight soal rumah baru atau rumag lama yang di renov.. semoga ada rezekinya bisa bangun disini

  • Lumayan bermanfaat.. Mantab lanjutkan

  • Semoga bisa punya rumah sendiri dengan desain impian aamiin

  • Semoga bisa punya rumah sendiri dengan desain impian aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
× Hubungi Admin